Mengapa BERUBAH itu sulit?

Mengapa berubah itu sulit?
Karena kita ingin berubah dengan kesadaran (conscious) kita, tetapi emosi, kebiasaan, keyakinan, nilai dan pola perilaku yang ada di sub-conscious tidak berubah. Kenyataanya Sub-conscious yang lebih beperan. Alam bawah sadar kita yang lebih dominan. Ada yang mengatakan 88% (Sub-Conscious) banding 12% (Conscious)
Jadi bila terjadi konflik, maka probability kemenangannya adalah: akan dimenangkan oleh sub-concious.Itu sebabnya banyak orang mengalami perubahan atau sukses membuat perubahan BESAR dalam hidupnya dipicu oleh intensitas emosi, perubahan nilai-nilai dalam kehidupanya, perubahan keyakinannya yang semakin membaik dan membesar serta behavior patern yang berubah.
Namun Ada yang sangat DOMINAN
Setelah mengamati banyak kejadian, maka sebenarnya ada yang sangat dominan menghambat manusia untuk BERUBAH. Apakah Itu? RASA TAKUT. Perasaan ini begitu kuatnya, hingga mengalahkan nilai-nilai, perasaan, rasa malu, jijik, apalagi logika.
Siapa yang pernah bertemu HANTU? Pada kenyataanya kita belum pernah bertemu, namun kita takut dan membuatnya ada di kepala kita. Itu sebabnya Hantu Indonesia beda dengan hantu Eropa. Semakin banyak jenis Hantu yang ada, berarti semakin "kreatif" kepalanya. Alias semakin penakut. Semakin penakut, maka koefisien gesek kemajuan kita akan semakin besar, sehingga perubahan pun semakin sulit.
Bagaimana RASA TAKUT ini menjadi belenggu kuat kebanyakan dari manusia. Dan Bagaimana RASA TAKUT ini sekaligus menjadi pendorong yang kuat untuk sebuah tindakan?
Coba masukan Ular besar pada kamar mandi di HOTEL atau kantor anda, disaat orang sedang mandi, buang air dan sejenisnya. Apa yang terjadi? Kemungkinan anda akan menemui orang-orang berhamburan, tanpa malu lagi atau perasaan jijik.
Nah ini membuktikan bahwa RASA TAKUT begitu dominan. Apakah Anda menginginkan perubahan dalam kehidupan, namun TERHAMBAT. Kemungkinan besar anda sedang digelayuti rasa takut, yang HANYA ada dikepala Anda.
Worry make small thing BIG shadow

arigatou nunu..:)

0 comments: